herdermssingkil

TERBUKTI MUDAHKAN MASYARAKAT, PEMERINTAH DAERAH ACEH SINGKIL MEMBERIKAN PENGHARGAAN KEPADA MAHKAMAH SYAR’IYAH SINGKIL TERKAIT PENERAPAN PANGGILAN SURAT TERCATAT

Picture1

Dengan bangga, Pemerintah Daerah Aceh Singkil memberikan penghargaan kepada Mahkamah Syar’iyah Singkil atas dedikasi dalam menurunkan biaya perkara bagi Masyarakat Aceh Singkil, yang mana merupakan dampak nyata implementasi surat tercatat. Bertepatan dengan HUT RI yang ke 78, penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Pj Bupati Aceh Singkil Drs. Azmi, M.A.P, bertempat di kantor Bupati Aceh Singkil. Sebelumnya, Mahkamah Syar’iyah Singkil memperoleh penghargaan dari Mahkamah Syar’iyah Aceh sebagai Satuan Kerja Peringkat III dari seluruh Satuan Kerja di Aceh untuk pelaksanaan pemanggilan para pihak berperkara melalui Surat Tercatat. Hal ini menjadi bukti komitmen Mahkamah Syar’iyah Singkil yang berusaha sebaik mungkin melaksanakan PERMA No 7 Tahun 2022. Di awal penerapannya yakni Mei 2023 tidaklah mudah dan ditemui banyak kendala sebab masih dalam proses adaptasi dengan prosedur pemanggilan para pihak berperkara melalui surat tercatat tersebut. Kendati demikian, dengan segala keterbatasan maupun kendala yang dilalui, kini implementasi pemanggilan melalui surat tercatat sudah semakin baik, merupakan buah hasil dari jalinan kerjasama dan koordinasi yang senantiasa ditingkatkan antara Mahkamah Syar’iyah Singkil dengan Pos Singkil.

Menurut data SIPP Mahkamah Syar’iyah Singkil sampai bulan Agustus ini, terbukti adanya penurunan biaya perkara yang sangat signifikan antara pemanggilan pihak berperkara sebelum penerapan panggilan melalui surat tercatat dengan setelah diterapkan. Jika dapat dijabarkan, untuk perkara gugatan terjadi penurunan biaya hingga 61% dan untuk perkara permohonan menurun hingga 59% dari sebelumnya. Penurunan biaya perkara yang sangat signifikan ini turut didukung oleh pemanggilan secara elektronik melalui aplikasi E-Court, yang mana pemakaiannya di Mahkamah Syar’iyah Singkil sudah hampir 100%. Sudah barang tentu hal ini sangat memudahkan dan menguntungkan masyarakat terkait biaya perkara, karena dulu panjar biaya perkara ditaksir berdasarkan radius, namun sekarang pemanggilan sudah melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Atas capain ini diharapkan mampu membangkitkan semangat seluruh Aparatur Mahkamah Syar’iyah Singkil untuk terus giat tak henti-hentinya meningkatkan pelayanan PRIMA bagi masyarakat. Untuk pemanggilan melalui surat tercatat bisa terus diperbaiki agar lebih baik, termasuk dalam penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan, sehingga tujuan untuk mengakomodir para pihak berperkara dapat terwujud.