herdermssingkil

Sembari sidang, Mahkamah Syar'iyah Singkil Terapkan Inovasi Layanan Kepada Masyarakat Kurang Mampu.

1
Mahkamah Syar’iyah Singkil terus meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan, dibuktikan dengan kegiatan sidang di luar gedung yang kembali dilakukan di KUA Gunung Meriah pada hari ini Selasa, 21 Maret 2023. Sidang di luar gedung kali ini, pihak berperkara secara prodeo mendapatkan layanan tambahan dengan inovasi ZAQSPRO (Zakat Infaq Shadaqah Untuk Kalangan Prodeo) yang merupakan salah satu wujud dedikasi pelayanan yang berkeadilan oleh Mahkamah Syar’iyah Singkil. Zaqspro memiliki 3 bentuk layanan yaitu:
1. AKSI (Akta Cerai Siap) atau PEPSI (Putusan/penetapan siap), yakni layanan pengambilan produk pengadilan seperti akta cerai atau Salinan putusan/penetapan
2. TAKSI (Transportasi Pihak dan Saksi-saksi Siap), yakni layanan pemberian biaya transportasi pihak dan saksi-saksi berperkara
3. MAKSI (Makan Siang Siap), yakni layanan berupa pemberian uang makan siang bagi para pihak berperkara.

2
Inisial N selaku pihak penggugat memberikan testimoninya terkait layanan yang didapatkan dari Mahkamah Syar’iyah Singkil. “Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pegawai dan Mahkamah Syar’iyah Singkil yang telah memberikan kemudahan proses perkara saya mulai dari pendaftaran perkara secara prodeo hingga layanan Zaqspro yang saya dapatkan. Saya juga sangat bersyukur karena proses perkara saya berjalan dengan baik dan cepat, dan saya tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor karena sidang dilaksanakan di KUA yang juga berdekatan dengan rumah saya”, tutur beliau dengan penuh rasa syukur.


Kedepannya, layanan ini akan semakin ditingkatkan lagi sehingga semakin banyak masyarakat yang memperoleh kemudahan layanan dalam proses berperkara, wujudkan Mahkamah Syar’iyah Singkil ada untuk masyarakat.