herdermssingkil

Ditulis oleh Ms Singkil on .

 

 

Ketua MA YM Hatta Ali akan memasuki pensiun akhir bulan April 2020 ini. Sebenarnya, beliau genap berusia 70 tahun pada tanggal 7 April 2020, namun demikian menurut administrasi kepegawaian dinyatakan pensiun setelah berakhir bulan April 2020. Sejalan dengan pensiunnya Hatta Ali sebagai Ketua MA akhir bulan April ini, maka dilaksanakan pemilihan Ketua MA yang baru. Menurut ketentuan yang berlaku, pemilihan Ketua MA dilakukan oleh hakim agung sendiri. Artinya, setiap hakim agung berhak memilih dan dipilih menjadi Ketua MA.

Pada hari Senin (6/4) dilaksanakan pemilihan Ketua MA menggantikan Hatta Ali yang digelar di gedung MA. Pada putaran pertama, sebanyak 6 nama hakim mendapatkan suara. Saat itu, M. Syarifuddin memperoleh 22 suara, disusul Andi Samsan Nganro 14 suara. Kemudian Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial Sunarto mendapat 5 suara dan Amran Suadi, Supandi dan Suhadi masing-masing memperoleh 1 suara.

Pada putaran kedua, akhirnya Wakil Ketua MA Bidang Yudisial M. Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA periode 2020-2025 menggantikan Hatta Ali. M. Syarifuddin terpilih dengan 32 suara mengalahkan juru bicara MA Andi Samsan Nganro yang mendapatkan

14 suara. Hatta Ali yang memimpin sidang paripurna khusus pemilihan Ketua MA mengesahkan terpilihnya M. Syarifuddin. Hatta Ali menuturkan, berdasarkan Pasal 7 huruf 1, ketentuan keputusan Ketua MA nomor 96/KMA/SK/IV/2020 tentang Peraturan Tata Tertib Pemilihan Ketua Mahkamah Agung, calon yang mendapatkan suara terbanyak dalam putaran kedua, langsung ditetapkan sebagai ketua MA terpilih.

"Maka calon ketua MA M. Syarifuddin yang memperoleh 32 suara ditetapkan sebagai ketua MA terpilih," kata Hatta Ali yang kemudian mengetuk palu.

Ketua MS Aceh H. Abd. Hamid Pulungan merasa bersyukur telah selesai pemilihan Ketua MA yang baru. Menurutnya, siapapun yang terpilih menjadi Ketua MA adalah pimpinan seluruh warga pengadilan di Indonesia.

Oleh sebab itu, urainya lebih lanjut, sudah sewajarnya apabila disampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Ketua MA yang baru. “Selamat dan sukses untuk YM M. Syarifuddin yang terpilih menjadi Ketua MA periode 2020 - 2025 semoga amanah dan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujarnya tersenyum.