herdermssingkil

Ditulis oleh Ms Singkil on .

 

 

 

Pembaharuan Hukum Acara Perdata dalam rangka Menakar Beracara Secara Elektronik”,  demikian tajuk Pembinaan yang dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 20 Oktober 2019 di Mahkamah Syar’iyah Aceh, acara yang diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi, Pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan Mahkamah Syar’iyah Aceh, Para Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris Mahkamah Syar’iyah se Aceh yang  berlangsung pada pukul 20.00 Wib sampai dengan pukul 11.00 Wib.

Acara ini  dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh (Drs.H. Zulkifli Yus, MH), sebagai pengantar Pembinaan, Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh (Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H)  menyampaikan sambutan nya, yang intinya mengajak para peserta untuk ikut aktif mengikuti pembinaan ini karena sangat penting terkait pembaharuan sistem beracara pada Pengadilan dari manual ke elektronik.

Yang Mulia Ketua Kamar Agama MARI. Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M)  dalam sesi pembinaannya merilis cikal bakal buku yang bernuansa baru yang sangat penting diketahui oleh aparat peradilan terutama hakim, Pembaharuan Hukum Acara Perdata (menakar beracara secara elektronik) demikian judul buku yang sedang beliau susun, bab demi bab beliau paparkan, tentang proses penyelesaian perkara secara elektronik yang berbasis IT. Dengan mengacu pada Perma Nomor 1 tahun 2019, dengan beberapa aplikasi unggulan sebagai implementasinya, seperti SIPP,  e-court,   e-letigasi dan 9 (sembilan) aplikasi lainnya yang menjadi petunjuk berperkara secara elektronik sejak penerimaan sampai pelaksanaan eksekusi.

Terhadap beberapa isi buku yang setengah dibedah pada acara pembinaan ini mendapat  tanggapan dan masukan dari beberapa orang Hakim, terutama masalah mediasi, proses one day publish (proses penyelesaian perkara satu hari selesai), masalah pengguna terdaftar dan pengguna lainnya dalam hal pemanggilan.       

Akhirnya dengan mengharap ridha Allah, buku yang sedang disusun ini berjalan lancar dan kiranya menempatkan buku ini salah satu  karya agung dan mampu menjawab tantangan era elektronik demi menggapai peradilan yang agung. Amin. (TIM REDKTUR MS. ACEH).