herdermssingkil

Eid Mubarak 1 min

Dilihat: 143

Singkil, 25 Februari 2021, Hakim Mediator Mahkamah Syar’iyah Singkil YM Choirotun Nisa’, S.H.I berhasil mediasi Perkara Cerai Gugat Nomor : 36/Pdt.G/2021/MS.Skl yang diajukan oleh penggugat yang terdaftar di Kepaniteraan Mahkamah Syar’iyah Singkil tanggal 19 Februari 2021.

IMG 5355

Pada sidang pertama ( Kamis, 25 Februari 2021) Hakim YM Choirotun Nisa’, S.H.I (sebagai Hakim Tunggal) yang menyidangkan perkara tersebut berusaha menasehati Penggugat dan Tergugat agar selalu bersabar dalam mempertahankan rumah tangga yang telah lama dibina bersama, untuk itu Hakim tersebut menjelaskan bahwa setiap perkara wajib melaksanakan Mediasi yang dipimpin oleh seorang hakim mediator, sebagaimana yang telah ditentukan dalam peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016, untuk itu hakim tersebut meminta kesepakatan para pihak untuk memilih Hakim mediator yang akan memimpin jalannya proses mediasi, dan atas kesepakatan para pihak hakim tersebut menetapkan Ibu Choirotun Nisa’, S.H.I sebagai Hakim Mediator dalam perkara tersebut.

Selama proses mediasi tersebut, tampak kesungguhan para pihak dalam memecahkan semua permasalahannya, ditambah lagi keahlian Mediator dalam menjalankan tugasnya sebagai penengah antara Penggugat dan Tergugat, dan hasilnya Penggugat dan Tergugat berkeinginan menyelesaikan sengketa tersebut dengan damai.

Perkara tersebut berhasil di Mediasi setelah pihak Penggugat dan Tergugat membuat kesepakatan dalam sebuah perjanjian yang intinya kedua belah pihak berjanji masing-masing akan introspeksi diri dan memperbaiki setiap kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi. Pihak meminta kesepakatan yang mereka buat dihadapan mediator berupa akta vandading /akta perdamaian yang dituangkan dalam venture putusan.

IMG 5356

Setelah melaksanakan mediasi Penggugat dan Tergugat memohon kepada Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut untuk mencabut perkaranya.